KELAS: X
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang objek dan
permasalahan Biologi pada berbagai
tingkat organisasi kehidupan
1.2
Peka dan
peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sesuai ajaran agama yang dianutnya
|
|
2. Menghayati dan Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan
fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli
dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam
melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas maupun di luar kelas
|
|
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami prosedur kerja ilmiah mulai dari merencanakan, melaksanakan dan
mengkomunikasikan hasil Penyelidikan ilmiah secara lisan dan tulisan dengan
menerapkan sikap ilmiah dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemahan
konsep biologi untuk mengembangkan proses ilmiah dan memahami konsep-konsep
biologi.
3.2 Memahami prosedur keselamatan kerja di
laboratorium Biologi dan berkomitmen mementingkan aspek keselamatan kerja di
laboratorium sebagai sikap perilaku yang harus dimiliki siswa
3.3 Mengaitkan berbagai konsep biologi dalam
konteks Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat (Salingtemas) dalam
kehidupan kekinian melalui berbagai kegiatan sesuai konsep yang diajarkan.
3.4 Mendeskripsikan ruang
lingkup biologi berdasarkan objek dan permasalahannya pada berbagai tingkat
organisasi kehidupan
3.5 Mendeskripsikan
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan
3.6 Memahami keanekaragaman
hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
3.7 Menerapkan pemahaman
tentang virus berkaitan dengan ciri-ciri, replikasi dan peran virus bagi
kehidupan pada aspek kesehatan masyarakat
3.8 Memahami ciri-ciri archaeobacteria
dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan berdasarkan pengamatan secara teliti dan
sistematis
3.9
Membedakan ciri-ciri umum
filum dalam kingdom protista dengan Kingdom lainnya dan menjelaskan
perannya bagi kehidupan berdasarkan pengamatan
3.10
Mengelompokkan jenis-jenis
jamur berdasarkan ciri-ciri dan perannya bagi kehidupan melalui percobaan
3.11
Mengelompokkan tumbuhan ke dalam Divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan
mendeskripsikan perannya bagi kelangsungan hidup di bumi
3.12
Mengelompokkan hewan berdasarkan ciri yang dimiliki ke
dalam Familia dan memahami peranannya bagi kehidupan
3.13
Memahami lingkup ekologi dan aksi-interaksi, yaitu
komponen ekosistem, rantai makanan, aliran energi, dan siklus biogeokimia
dengan melakukan kajian literatur
3.14
Menganalisis perubahan lingkungan seperti polusi, perubahan iklim, pemanasan
global, krisis energi, krisis pangan dan air, serta dampak dari kepadatan
penduduk.
|
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Menerapkan prosedur kerja ilmiah mulai
dari merencanakan, melaksanakan dan
mengkomunikasikan hasil penelitian ilmiah secara lisan dan tulisan dengan
menerapkan sikap ilmiah dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemahan
konsep biologi.
Mengidentifikasi
issue/permasalahan biologi yang relevan untuk penyelidikan/diinvestigasi
secara ilmiah sesuai dengan materi yang diajarkan., merumuskan tujuan
penelitiaan, langkah kerja, hipotesis, variabel dan instrumen yang tepat
untuk tujuan penelitian, menetapkan cara mempeoleh data dan cara menganalisis
data.
Menyiapkan
peralatan/instrumen, menerapkan teknis/proses pengumpulan data, mengolah data
sesuai jenisnya/keperluan, menganalisis data, dan menyimpulkan hasil
penelitian.
Mengkomunikasikan
masalah penelitian, prosedur perolehan data, cara mengolah dan menganalisis
data; menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk tabel, grafik, diagram,
peta konsep, peta pikiran; menjelaskan data, kesimpulan secara lisan dan
tulisan; menggunakan bahasa, simbol dan peristilahan yang sesuai dengan
bidang biologi.
4.2 Menerapkan prosedur keselamatan kerja di
laboratorium biologi dalam melakukan praktikum
4.3 Melakukan observasi untuk mengidentifikasi
objek, permasalahan biologi
pada tingkat organisasi kehidupan tertentu, produk dan profesi
berbasis biologi dan menyajikan data hasil observasinya dalam bentuk
tabel.
4.4 Mengelompokkan berbagai jenis mahluk hidup pada
tingkat gen, jenis dan ekosistem dari berbagai objek dan atau menggunakan
gambar.
4.5 Mencari data ancaman kelestarian berbagai
keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia dan menyusun hasilnya dalam
bentuk laporan
4.6 Mengamati fenomena alam berkaitan dengan virus
(penyakit pada manusia hewan, dan tumbuhan)
4.7 Membuat model peraga untuk menunjukkan struktur
dan replikasi virus dari barang bekas pakai/limbah yang aman
4.8 Mengaitkan perbanyakan pada virus dengan endemi
penyakit yang terjadi di Indonesia dan skala global
4.9
Membuat usulan tindakan preventif untuk meminimalisir dampak infeksi
virus (HIV, SARS, Herpes, dll.) pada manusia dan menjelaskan peran virus
dalam rekayasa genetika
4.10
Menyiapkan
peralatan untuk mengamati koloni
bakteri (memilih peralatan, menyiapkan media, melakukan sterilisasi)
4.11
Melakukan pengamatan koloni bakteri pada medium buatan dengan melakukan streak dari berbagai sumber udara, tanah, dan air) untuk
memahami ciri-ciri monera
4.12
Melakukan
pengecatan gram pada bakteri dan mengamatinya di bawah mikroskop untuk
memahami sifat dan bentuk bakteri
4.13
Menghubungkan
4.14
Membuat kultur paramaecium dan mengamati
di bawah mikroskop dan membuat gambar hasil pengamatannya dengan mikroskop untuk memahami ciri protista
4.15
Menggali informasi dari berbagai sumber literatur/media peranan protista
bagi kehidupan melalui tugas mandiri individu.
4.16
Melakukan
pendataan berbagai jenis jamur (mikroskopis dan makroskopis, edibel dan
non-edibel) di Indonesia dari berbagai literatur dan mempresentasikan di
dalam kelas
4.17
Mengamati berbagai jenis jamur (mikroskopis
dan makroskopis) melalui pengamatan
langsung
4.18
Melaporkan
dalam bentuk tertulis peranan jamur bagi kehidupan dari berbagai literatur
dan menyantumkan sumber informasi untuk menghargai karya orang lain
4.19
Membuat
prediksi terhadap semakin hilangnya jamur karena semakin rusaknya lingkungan
dengan proses dekomposisi
4.20
Melakukan pengamatan morfologi
berbagai jenis tumbuhan
yang ada di lingkungan sekitar dan mengelompokkan ke dalam Divisio serta menyusun
laporan hasil pengelompokkan
4.21
Menyimpulkan
bahwa pengelompokkan tumbuhan untuk memudahkan mempelajarinya
4.22
Menyimpulkan
era globalisasi saat ini bahwa perkembangan manfaat tumbuhan dengan
pentingnya upaya pelestarian saat ini penting
4.23
Melakukan
pengamatan dan diskusi keanekaragaman tumbuhan di sekitarnya, mengaitkan
tingkat keanekaragaman yang tinggi dengan fungsi ekologis di bumi
4.24
Mendiskusikan
ciri dan kompleksitas
sistem dari berbagai jenis hewan invertebrata melalui pengamatan objek/gambar
dan menyajikannya dalam bentuk tabel
4.25
Melakukan pengamatan berbagai jenis hewan vertebrata untuk memahami
ciri-cirinya dan membandingkan
kompleksitas pada berbagai sitem organnya
4.26
Melakukan
kajian literatur atau berbagai sumber informasi ilmiah tentang lingkup
ekologi dan mempresentasikan di depan kelas dengan berbagai media presentasi
4.27
Membuat
bagan rantai makanan, jaring-jaring kehidupan, dan siklus biogeokimia dan
menganalisis dampak jika salah satu komponen jumlahnya berkurang sebagai
akibat dari kerusakan lingkungan
4.28
Mendesain
kampanye peduli lingkungan kepada masyarakat dengan berbagai kegiatan,
misalnya iklan radio, spanduk, liflet, stiker, jingle lagu, dll.
4.29
Membuat produk daur ulang limbah yang dapat bermanfaat bagi kehidupan
4.30
Membuat
desain usulan pengelolaan sampah rumah tangga dari mulai pengelolaan rumah
tangga sampai ke pengelolaan sampah akhir.
|
|
KELAS:
XI
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi dan menghayati keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel dan jaringan pada
organisme
1.2 Menjaga, merawat, menyayangi dan peduli terhadap
keteraturan sistem tubuh untuk kesehatan diri, masyarakat, dan lingkungan
sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
|
|
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan
fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli
dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan
pengamatan dan percobaan di dalam kelas maupun di luar kelas.
|
|
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1 Memahami prosedur kerja ilmiah mulai dari merencanakan, melaksanakan dan
mengkomunikasikan hasil Penyelidikan ilmiah secara lisan dan tulisan dengan
menerapkan sikap ilmiah dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemahan
konsep biologi untuk mengembangkan proses ilmiah dan memahami konsep-konspe
biologi.
3.2 Memahami prosedur keselamatan kerja di
laboratorium Biologi dan berkomitmen mementingkan aspek keselamatan kerja di
laboratorium sebagai sikap perilaku yang harus dimiliki siswa
3.3 Mengaitkan berbagai konsep biologi dalam konteks
Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat (Salingtemas) dalam kehidupan
kekinian melalui berbagai kegiatan sesuai konsep yang diajarkan.
3.4 Memahami
komponen kimiawi penyusun sel, dan menjelaskan struktur dan fungsi sel
sebagai unit terkecil kehidupan, serta membedakan organel sel dan
fungsinya melalui pengamatan
3.5 Memahami aktivitas sel, meliputi: mekanisme
transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan
eksositosis) dari hasil pengamatan, reproduksi sel (keterkaitan antara proses pembelahan mitosis
dan meiosis pada gametogenesis pada manusia dengan pewarisan sifat dan sintesis protein sebagai proses pembentukan
sifat morfologi dan fisiologi sel.
3.6 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan,
sifat totipotensi dan mengkaitkannya
dengan fungsinya,
3.7 menganalisis struktur
jaringan hewan vertebrata dari
hasil pengamatan dan mengkaitkan dengan fungsinya
3.8 memahami struktur jaringan
penyusun tulang dan otot pada sistem gerak pada manusia dengan menganalisis
komposisi tulang keras dan tulang rawan serta kontraksi otot dan mengaitkan
dengan fungsi, dan menjelaskan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem gerak pada manusia dari hasil
pengamatan.
3.9 Memahami
keterkaitan antara struktur jaringan penyusun jantung, pembuluh darah, dan
jaringan darah dengan fungsinya, dan menjelaskan
proses peredaran kecil dan besar, peredaran darah
terbuka dan tertutup, serta mengidentifikasi kelainan/penyakit yang
dapat terjadi pada sistem peredaran darah manusia
3.10
Memahami fungsi
zat makanan bagi tubuh, dan kebutuhan bagi tiap individu serta
mendeskripsikan struktur jaringan penyusun lambung, usus dua belas jari, dan
usus besar, dan mengaitkan dengan fungsinya, dan menjelaskan
kalainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan dan
membandingkan struktur pencernaan pada hewan ruminansia
3.11
Mengaitkan antara struktur jaringan pada
hidung, bronchus dan alveolus dan fungsinya, dan menjelaskan
proses pernapasan serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan
3.12
Mengaitkan antara struktur dan fungsi
jaringan pada sistem ekskresi, dan menjelaskan
proses ekskresi dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia
3.13
Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi
pada jaringan syaraf, endokrin, dan indera, dan menjelaskan
proses regulasi dan penginderaan, serta kelaian/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia
3.14
Memahami langkah-langkah perambatan impuls pada
sistem syaraf secara fisik, kimia dan
biologi dan mengkaitkannya dengan gerak otot sebagai organ efektor kerja
syaraf
3.15
Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur alat
reporduksi manusia dan mengaitkan fungsinya, dan menjelaskan
proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi,
menstruasi, fertilisasi, dan pemberian ASI, serta kelainan penyakit yang
dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
3.16
Mendeskripsikan mekanisme pertahanan tubuh terhadap berbagai
benda asing berupa antigen dan bibit penyakit ,
prosedur vaksinasi/imunisasi.serta kelainan yang mungkin terjadi pada system
immune.
|
|
1
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.4.1 Menerapkan prosedur
kerja ilmiah mulai dari merencanakan,
melaksanakan dan mengkomunikasikan hasil penelitian ilmiah secara lisan dan
tulisan dengan menerapkan sikap ilmiah dalam berbagai kegiatan yang berkaitan
dengan pemahan konsep biologi.
Mengidentifikasi
issue/permasalahan biologi yang relevan untuk penyelidikan/diinvestigasi
secara ilmiah sesuai dengan materi yang diajarkan., merumuskan tujuan
penelitiaan, langkah kerja, hipotesis, variabel dan instrumen yang tepat
untuk tujuan penelitian, menetapkan cara mempeoleh data dan cara menganalisis
data.
4.2 Menerapkan prosedur keselamatan kerja di laboratorium biologi dalam melakukan praktikum secara disiplin, cermat
dan bertanggung jawab,
sehingga akan tumbuh sikap saling menghargai, dan peduli lingkungan.
4.3 Melakukan pengamatan mikroskopis sel umbi lapis bawang
merah dan sel epitel pipi, membandingkan dan mengidentifikasi organel
penyusunnya serta fungsinya
4.4 membandingkan organel sel yang dapat
diamati dengan mikroskop cahaya dan gambar dari mikroskop elektron
4.5. membandingkan struktur sel hewan dan sel
tumbuhan dan mengaitkan dengan fungsinya
4.6. Melakukan percobaan difusi dan osmosis
dengan menggunakan umbi kentang atau batang kangkung, batang seledri atau usus sapi dan mengkaitkannya dengan
peristiwa transport trans membran.
4.7. melakukan pengamatan proses mitosis akar
bawang dan mengidentifikasi setiap fasenya
4. 8. Melakukan diskusi ilmiah untuk memahami konsep gen, DNA dan
Kromosom, Membuat bagan yang
menjelaskan struktur kromosom dari mulai penyusun sederhana protein histon,
basa nitrogen, gen, sampai pada untaian helix ganda untuk memahami tentang
materi genetik
4.9.menggambarkan model struktur kimia DNA dan RNA, mensimulasikan proses sintesa protein dan pembentukan sifat morfologis dan
fisiologis sel.
4.10.
memprediksi penyakit degeneratif dengan peristiwa
sintesis protei
4.11.
Membuat bagan proses mitosis dan meiosis untuk memahami
proses pembelahan sel
4.12.
Mengamati dengan mikroskop struktur jaringan penyusun
organ akar, batang, dan daun tumbuhan dan mengaitkan dengan letak dan
fungsinya, dan menyajikan perbedaannya dan karakteristiknya pada laporan
tertulis
4.13.
Membuat ulasan tentang sifat totipotensi dari jaringan
meristem untuk perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan
4.14.
Mengamati dengan mikroskop struktur jaringan pada hewan
dan mengaitkannya dengan, letak, sifat dan fungsinya tubuh
4.15.
Melakukan percobaan untuk membandingkan tentang struktur tulang keras dan tulang
rawan menggunakan tulang ayam dan HCL serta mengkaitkannya dengan fungsi
kalsium pada proses penulangan.
4.16.
mengaitkan antara pola makan rendah kalsium, proses
menyusui dan menstruasi, dengan peristiwa osteoporosis
4.17.
Membuat alat peraga untuk menunjukkan cara kerja otot
dan sendi.
4.18.
melakukan pengamatan preparat jaringan tulang dan otot
4.19.
Melakukan percobaan dengan induksi listrik pada
kontraksi otot femur katak untuk menerapkan
proses kontraksi otot dan kerja otot
4.20.
Mendeskripsikan berbagai konsep ilmiah dalam sistem
gerak, seperti kontraksi, relaksasi, elevator, abduktor, adduktor, fleksor,
ekstensor, depresor, elevator, dll
4.21.
membuat laporan tertulis hasil mengkaji berbagai sumber
informasi tentang berbagai kelainan dan penyakit yang terjadi pada sistem
gerak
4.22.
Membuat
preparat jaringan darah dan melakukan pengamatan bentuk-bentuk dan menghitung jumlah sel darah dan melakukan
tes golongan darah masing-masing siswa
4.23.
Melakukan pengamatan pembuluh darah pada jantung dengan
menggunakan jantung sapi atau kambing dan mempresentasikan hasi pengamatannya
4.24.
Mengamati torso jantung untuk memahami pembagian
ruangan pada jantung, katub jantung, dan arah pembuluh aorta dan vena dari
dan ke arah jantung. Menggambarkan hasil pengamatan, menyimpulkan, dan
dilaporkan dalam bentuk tulisan.
4.25.
Menyelidiki berbagai faktor yang mempengaruhi
kecepatan denyut nadi dengan melakukan berbagai kegiatan, misalnya lari di
tempat, minum air hangat, es, kondisi terkejut dll.
4.26.
Membedakan berbagai istilah/definisi dalam sistem
peredaran darah, seperti sistole, diastole, anemia, hipertensi,
4.27.
Menyimpulkan penyebab berbagai penyakit/kelainan pada
sistem peredaran darah dan membuat usulan perbaikan pola hidup yang sehat
untuk kesehatan
4.28.
Menganalisis kebutuhan kalori bagi individu berdasarkan
BMI (Body mass Index) dan menyusun menu satu hari bagi dirinya
berdasarkan BMI
4.29.
Membuat
hipotesis, dan melakukan percobaan dengan mengikuti
prosedur percobaan uji zat makanan
pada berbagai jenis bahan makanan dan menyelidiki proses pencernaan makanan
di mulut dan hasil pencernaannya diuji dengan berbagai kondisi pH dan suhu,
serta menyusun laporan hasil
percobaannya.
4.30.
Mengamati jaringan usus halus di bawah mikroskop.
4.31.
Membuat bagan proses pencernaan hewan ruminansia
berdasarkan
4.32.
Mengamati jaringan paru-paru dari preparat
4.33.
Menghitung konsumsi oksigen pada mahluk hidup
(hewan/tumbuhan/manusia) serta hal-hal yang mempengaruhi menggunakan
respirometer sederhana.
4.34.
melakukan kampanye anti rokok dan ganja
4.35.
Melakukan pengamatan dan menyimpulkan hasil pengamatan
struktur ginjal
4.36.
Melakukan percobaan uji kandungan urine pada orang
normal dan diabetes mellitus serta menganalisis kaitannya dengan kelainan
pada struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia
4.37.
Mengaitkan alat dialisis darah dengan proses kerj
ginjal
4.38.
mencari informasi dari berbagai sumber tentang berbagai
kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi dan melaporkan dalam bentuk
tertulis
4.39.
Mengkaji literatur gaya hidup yanng positif untuk
kesehatan ginjal (minum secukupnya, mengurangi minum kopi dan teh, dll).
4.40.
Melakukan percobaan proses
regulasi pada gerak reflek dan bintik buta pada indera mata
serta mengkaitkan dengan proses perambatan impuls pada sistem syaraf
4.41.
Merinci langkah-langkah perambatan impuls pada sistem
syaraf secara fisik, kimia dan biologi
dan mengkaitkannya dengan gerak otot sebagai organ efektor kerja syaraf
4.42.
Mengobservasi dan
menganalisis penyebab terjadinya berbagai gangguang yang terjadi
pada sistem regulasi (saraf, endokrin, indera)
4.43.
Menyajikan hasil diskusi
tentang siklus menstruasi, ovulasi fertilisasi dan gestasi dibantu charta siklus menstruasi dan struktur
anatomi organ reproduksi wanita.
4.44.
Menyusun perencanaan untuk kampanye
pemberian ASI Eksklusif kepada bayi
4.45.
Mencari informasi kelainan/penyakit yang
berhubungan dengan system reproduksi manusia ke klinik atau RS
4.46.
Mempresentasikan hasil diskusi tentang suatu kasus yang berhubungan
dengan sistem kekebalan tubuh (immunisasi, alergi, peradangan, proses
penyembuhan, dan kambuh dari penyakit) berdasarkan mekanisme kekebalan tubuh
pada manusia
4.47.
Mengumpulkan informasi tentang
kelainan-kelainan yang berhubungan dengan system immune dari berbagai sumber.
|
|
KELAS:
XII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi dan
memahami keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang proses-proses
yang terjadi pada tubuh mahluk hidup di tingkat seluler
1.2
Peduli terhadap adanya keteraturan proses
sistem kehidupan pada organisme pada tingkat seluler yang diterapkan dalam
kehidupan bermasyarakat dan beragama sesuai dengan ajaran agama yang
dianutnya.
|
||
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
2.1 Berperilaku ilmiah (teliti, tekun, jujur terhadap data dan
fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli
dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam
melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas maupun di luar kelas
|
||
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan
masalah
|
3.1. Memahami prosedur kerja ilmiah mulai
dari merencanakan, melaksanakan dan
mengkomunikasikan hasil Penyelidikan ilmiah secara lisan dan tulisan dengan
menerapkan sikap ilmiah dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemahan
konsep biologi untuk mengembangkan proses ilmiah dan memahami konsep-konspe
biologi.
3.2. Memahami prosedur keselamatan kerja di laboratorium
Biologi dan berkomitmen mementingkan aspek keselamatan kerja di laboratorium
sebagai sikap perilaku yang harus dimiliki siswa
3.3. Mengaitkan
berbagai konsep biologi dalam konteks Sains, Lingkungan, Teknologi, dan
Masyarakat (Salingtemas) dalam kehidupan kekinian melalui berbagai kegiatan
sesuai konsep yang diajarkan.
3.4. Menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup serta faktor-faktor
yang mempengaruhinya melalui analisis data hasil penelitian pertumbuhan dan perkembangan mahluk
hidup dari lingkungan setempat
3.5 Merancang dan melakukan penelitian
sederhana uji pengaruh faktor luar
terhadap pertumbuhan pada tanaman.
3.6 Memahami sifat dan fungsi enzim dalam proses metabolism
3.7 Mendeskripsikan proses katabolisme dan
anabolisme karbohidrat
3.8 Mengkaitkan proses
katabolisme karbohidrat dengan katabolisme protein dan lemak
3.9 Memahami prinsip hereditas
dalam mekanisme pewarisan sifat
3.10.Mendeskripsikan peristiwa mutasi dan
implikasinya dalam salingtemas
3.11 Mendeskripsikan teori,
prinsip, dan mekanisme evolusi biologi dari studi pustaka baik teori lama maupun kecenderungan
baru tentang teori evolusi
3.12 Membedakan teori evolusi
Darwin dan teori-teori lain.
3.13
Mendeskripsikan
mekanisme terjadinya evolusi
3.14Mendeskripsikan arti, prinsip dasar, dan
jenis-jenis bioteknologi
3.15 Mendeskripsikan implikasi
bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
||
4.
Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1. Menerapkan prosedur kerja ilmiah mulai dari merencanakan, melaksanakan dan
mengkomunikasikan hasil penelitian ilmiah secara lisan dan tulisan dengan
menerapkan sikap ilmiah dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemahan
konsep biologi.
Mengidentifikasi
issue/permasalahan biologi yang relevan untuk penyelidikan/diinvestigasi
secara ilmiah sesuai dengan materi yang diajarkan., merumuskan tujuan
penelitiaan, langkah kerja, hipotesis, variabel dan instrumen yang tepat
untuk tujuan penelitian, menetapkan cara mempeoleh data dan cara menganalisis
data.
Menyiapkan
peralatan/instrumen, menerapkan teknis/proses pengumpulan data, mengolah data
sesuai jenisnya/keperluan, menganalisis data, dan menyimpulkan hasil
penelitian.
Mengkomunikasikan
masalah penelitian. prosedur perolehan data, cara mengolah dan menganalisis
data; menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk tabel, grafik, diagram,
peta konsep; menjelaskan data, kesimpulan secara secara lisan dan tulisan;
menggunakan bahasa, simbol dan peristilahan yang sesuai dengan bidang
biologi.
4.2. Menerapkan
prosedur keselamatan kerja di laboratorium biologi dalam melakukan praktikum secara disiplin, cermat dan bertanggung jawab, sehingga akan tumbuh sikap saling menghargai,
dan peduli lingkungan.
4.3. Mengaitkan konsep proses
pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup
serta faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam kehidupan
4.4 Merancang penelitian uji pengaruh luar
terhadap pertumbuhan pada tanaman
4.5. Melakukan penyelidikan/percobaan cara kerja enzim dengan bahan
sederhana di rumah dan sekolah untuk memahami sifat dan fungsi enzim dalam proses metabolism
4.6 Mengkaitkan proses katabolisme karbohidrat dengan
katabolisme protein dan lemak pada bagan
4.7. Melakukan diskusi ilmiah untuk memahami konsep gen, DNA dan
Kromosom
4.8.Mengolah data tentang peristiwa mutasi dan implikasinya
dalam salingtemas, antara lain:
kelainan pada manusia dan tumbuhan akibat
mutasi berdasarkan hasil pencarian di internet dan melaporkan hasilnya secara
lisan maupun tulisan
4.9.Mendeskripsikan teori,
prinsip, dan mekanisme evolusi biologi dari studi pustaka baik teori lama
maupun pandangan baru tentang teori evolusi (teori tentang Intelligent
Design)
4.10. Membedakan teori evolusi
Darwin dan teori-teori lain.
4.8.Mengkaji referensi tentang
arti, prinsip dasar dan jenis-jenis Bioteknologi dan mengindentifikasi dan mengklasifikasi kan jenis-jenis Bioteknologi yang
beredar di masyarakat
4.9.Melakukan percobaan
tentang Bioteknologi konvensional (fermentasi)
4.10.
Mengkaji referensi tentang keterkaitan berbagai ilmu
pengetahuan dalam pengembangan
Bioteknologi,
aplikasi biotek dalam kehidupan sehari-hari, dan implikasinya pada sains,
lingkungan, dan msayarakat
|
||
Comments