Skip to main content

EVOLUSI PEMIKIRAN



Indra F Sabban
14/372574/PBI/1279



Pengalaman tentang evolusi, saya memang tidak terlalu mengerti tentang evolusi. Apa itu evolusi, mengapa harus terjadi evolusi, dan semua tentang evolusi. Ketika SMA, guru-guru selalu mengajarkan bahwa evolusi itu tentang manusia berasal dari kera atau suatu mahkluk hidup itu mempunyai moyang yang sama. Yah, seperti itulah ketika orang yang tidak paham tentang evolusi seperti diri saya ini mendengarkan kata evolusi. Kalau setiap ditanya ibu-bapak guru tentang ilmuan evolusi maka pastinya semua menjawab Carles Darwin. Semua mengenal darwin dengan sebutan bapak evolusi. Pernah terlintas dalam benak ku, apa benar kita berasal dari kera? Atau Darwin yang merupakan bapak evolusi itu bisa berevolusi. Semua pertanyaan yang selalu muncul dalam benak ku, dan ku coba mencari sendiri jawabannya.


Ketika beranjak masuk kuliah dan saya diberikan kesempatan masuk kedalam dunia biologi, disitulah aku mulai berfikir untuk mencari  jawaban atas evolusi, saat mulai kuliah, diberikan tugas, dan semua yang dilakukan masih belum juga saya temukan jawabannya. Semenjak dunia ini terlihat luas, yah ketika saya mengenal apa yang dimaksud dengan dunia internet, sosial media, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan internet, dari situlah saya mulai belajar lagi dan mencari apa sih evolusi itu. Mulai dari mengikuti debat dimedia sosial tentang evolusi, mencari sumber tentang evolusi, membaca artikel tentang evolusi, dan semua yang kulakukan itu semakin membuat saya terpuruk dalam gelapnya pemikiran tentang evolusi. Jujur, itu dikarenakan banyak debat yang pro dan kontra tentang evolusi, ada yang katakan evolusi itu tidak pernah terjadi dan ada juga yang katakan kalau evolusi itu benar.


Dari semua itu, saya masih merasakan beban yang sangat dalam, apa sih evolusi dan apa benar kalau manusia itu berasal dari kera. Pernah juga, saya dengan wajah polos bertanya “apa benar kalau teori manusia itu berasal dari kera” ke salah satu guru yang mengajarkan evolusi dan jawabannya pun tak bisa membantu karena ibu tersebut hanya menjawab itu semua tergantung apa yang kita pahami. Yah sampai-sampai ada debat dengan panas, yah mungkin kalau dilanjutin mereka akan saling melempar kursi mungkin, karena mempertahankan argumen masing-masing.
Sampai akhirnya saya mendapatkan file ebook tentang “The Origin Of Species”  dan saya mulai mempelajari, dari semua yang dibaca dapat dipahami bahwa evolusi yang terjadi itu dalam jangka waktu yang lama akan merubah suatu populasi yang ada jika populasi tersebut tidak dapat bertahan maka akan terseleksi. Dari yang saya baca tidak saya temukan bahwa Darwin menulis manusia berasal dari kera, yang ada hanya manusia berkerabat dekat dengan kera dan teori tentang seleksi alam.


Seiring perkembangan waktu, aku pun memahami bahwa evolusi itu terjadi apabila suatu populasi bertahan dan beradaptasi dengan lingkungan dengan waktu yang lama yang mengakibatkan berbeda dengan populasi yang lama. Ketika mulai belajar di Universitas Gadja Mada ini saya makin yakin bahwa evolusi itu terjadi tapi bukan merubah spesies tapi merubah populasi, yah itu masih sebatas teori yang aku pahami, dan saya juga belajar kalau evolusi itu bukan untuk dipercaya melainkan dipahami.

Comments

Popular posts from this blog

LEMBAR KERJA SISWA PRAKTIKUM OSMOSIS DAN DIFUSI

LEMBAR KERJA SISWA        I.             Judul                                        : pengamatan pengangkutan bahan pada tumbuhan melalui   osmosis     II.             Mata Pelajaran                         : biologi   III.             Kelas/Semester                         : xi/ganjil   IV.    ...

MODEL PERSIAPAN MENGAJAR (MODEL ROPERS DAN MODEL SATUAN PELAJARAN)

MODEL PERSIAPAN MENGAJAR (MODEL ROPERS DAN MODEL SATUAN PELAJARAN) INDRA FAUZI 031 008 043 Abstract Teaching methods in the bunk in the form of learning plan for the material presented to be targeted and easily understood by learners to facilitate the delivery of material. Often found on the ground that the master teacher of a subject matter well but can not implement learning activities well. It happened because these activities are not based on specific learning model so that the results obtained by students studying low. There are several models of learning is on offer in the learning of several experts. As ROPERS model and model lesson units in the offer by the experts so as to implement the learning process well. In writing this article is intended for writers to understand about planning model preparation to teach mainly ROPERS model and the model units of learning. In writing this article using theory study where the authors obtain data based on theoretical studies from...

ALIRAN ENERGI DAN SIKLUS MATERI PADA EKOSISTEM PADANG RUMPUT

By: Indra F Sabban Ekosistem padang rumput digolongkan sebagai salah satu kelompok ekosistem daratan yang terbentuk secara alamiah. Ia memiliki beberapa ciri-ciri khas di antaranya curah hujan yang sangat terbatas dan juga tidak merata. Jumlahnya hanya berkisar di angka 25 sampai 30 cm per tahunnya. Hal ini kemudian menjadikan areal padang rumput sukar menjadi kawasan hutan sebab terjadi porositas juga drainase yang kurang. Dengan demikian, tumbuhan sukar untuk mengambil dan mengolah air sehingga menyulitkan untuk tumbuh menjadi pohon. Ekosistem yang satu ini bisa dijumpai di berbagai wilayah, baik tropis maupun sub-tropis. Di Indonesia, ekosistem padang rumput ini bisa ditemukan di pulau Nusa Tenggara, khususnya bagian timur. Ekosistem padang rumpurt ini memliki komponen-komponen yang menjadi penyusunnya. Komponen dalam eksosistem terbagi menjadi dua bagian, yakni komponen abiotik dan komponen biotik. Komponen abiotik merupakan komponen dalam ekosistem yang berasal dari benda...