Skip to main content

Ringkasan Materi Biologi Sel

Dalam pembelajaran yang dilakukan pada mata kuliah sistem dasar hayati, terkait materi biologi sel dan molekular dapat dirumuskan sebagai berikut:

1.Sel adalah unit dasar kehidupan, unit struktural, dan fungsional mahkluk hidup.
2.Genom adalah totalitas gen dalam suatu organisme.
3.Jasad hidup dibedakan menajdi dua yaitu jasad hidup non selular dan jasad hidup selular. Jasad hidup selular terdiri atas sel prokariotik dan sel eukariotik.
4.Virus merupakan jasad hidup non selular.
5.Prokariotik merupakan sel yang belum berinti.
6.Eukariotik merupakan sel yang sudah memiliki inti sebenarnya.
7.Gen adalah urutan nukleotida atau fragmen DNA tertentu yang mengkodekan protein penentu karakter suatu organisme.
8.RE selalu bersampingan dengan aparat golgi agar bahan genetik dari RE selalu disortir di aparat golgi.
9.Mitokondria selalu berdekatan dengan RE, karena kerja dari RE selalu membutuhkan energi yang dihasilkan dari mitokondria.
10.Sel yang tergolong sel prokariotik yaitu sel bakteri atau yang tergolong dalam domain bacteria (Eubacteria)
11.Pertumbuhan merupakan proses memperbanyak (proliferasi) jumlah sel. Untuk organisme uniseluler, sel akan membelah menjadi sel yang baru dengan materi genetik yang sama dengan induknya, kecuali apabila terjadi proses konjugasi (masuknya materi genetik dari sel lain) akan terjadi percampuran materi genetik sehingga sel yang baru lebih tahan dalam menghadapi lingkungan. Untuk organisme multiselular, pertumbuhan menyebabkan bertambahnya massa dan volume tubuh. Pertumbuhan pada organisme multiselular selain terjadi proliferasi sel, juga diikuti dengan diferensiasi (spesialisasi) sel menjadi jaringan tertentu.
12.Perkembangan merupakan proses bertambah dewasanya sel atau individu. Pada organisme uniselular proses perkembangan tidak nampak jelas. Pada organisme multiselular perkembangan dapat diamati antara lain dengan perkembangan organ reproduksi dan kemampuan khusus lainnya (misalnya fisiolgi, kejiwaan), termasuk juga proses diferensiasi.
13.Mikroskop merupakan alat obtik yang digunakkan untuk melihat sampel yang berukuran mikro. Mirkoskop jika dilihat dari hasil yang ditampakkan dibedakan menjadi dua yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop stereo. Sedangkan mikrosop jika dilihat dari sumber cahaya, dibedakan menajdi mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.
14.Mikroskop cahaya merupakan mikroskop yang sumbercahaya dari lampu maupun sinar matahari, dan memiliki pembesaran hingga 10.000X pembesaran.
15.Mikroskop elekrton merupakan mikroskop yang pembesaran lebih besar dari mikroskop cahaya dan bisa meluhat dengan jelas hingga organel-organel sel.
16.Mikroskop stereo merupakan mikroskop yang pembesarannya paling kacel dan biasanya hasil yang dilihat dalam bentuk tiga dimenasi.
17.Pengelompokan sel eukariotik berdasarkan struktur subselular yang terkait dengan fungsi. Sel dibedakan menajdi sel hewan dan sel tumbuhan.

Comments

Popular posts from this blog

LEMBAR KERJA SISWA PRAKTIKUM OSMOSIS DAN DIFUSI

LEMBAR KERJA SISWA        I.             Judul                                        : pengamatan pengangkutan bahan pada tumbuhan melalui   osmosis     II.             Mata Pelajaran                         : biologi   III.             Kelas/Semester                         : xi/ganjil   IV.             Waktu                                      : 40 x 2 menit     V.             Petujuk Belajar                         : ·          Baca literature yang berhubungan dengan transport pada membrane ( difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis) ·          Baca cermat sebelum anda melakukan percobaan ·          Lakukan percobaan menurut langkah-langkah yang telah disajikan   VI.             Kopetensi yang ingin dicapai: Membandingkan mekanisme transport pada membrane ( difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis). VII.             Indikator                                  : Memahami proses osmosis dalam pengangkutan

MODEL PERSIAPAN MENGAJAR (MODEL ROPERS DAN MODEL SATUAN PELAJARAN)

MODEL PERSIAPAN MENGAJAR (MODEL ROPERS DAN MODEL SATUAN PELAJARAN) INDRA FAUZI 031 008 043 Abstract Teaching methods in the bunk in the form of learning plan for the material presented to be targeted and easily understood by learners to facilitate the delivery of material. Often found on the ground that the master teacher of a subject matter well but can not implement learning activities well. It happened because these activities are not based on specific learning model so that the results obtained by students studying low. There are several models of learning is on offer in the learning of several experts. As ROPERS model and model lesson units in the offer by the experts so as to implement the learning process well. In writing this article is intended for writers to understand about planning model preparation to teach mainly ROPERS model and the model units of learning. In writing this article using theory study where the authors obtain data based on theoretical studies from

EVOLUSI MAKHLUK HIDUP “KENAPA ULAR TIDAK MEMILIKI KAKI”

Indra F Sabban 14/372574/PBI/1279 A. Pendahuluan Reptil (binatang melata) adalah sebuah kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptilia adalah tetrapoda (hewan dengan empat tungkai) dan menelurkan telur yang embrionya diselubungi oleh membran amniotik. Ular merupakan salah satu reptil yang paling sukses berkembang di dunia. Hal ini dibuktikan dengan keberadaannya sampai saat ini sebagai salah satu makhluk hidup yang mampu bertahan dengan kondisi lingkungannya sehingga mampu melestarikan keturunannya dalam jumlah yang melimpah. Ular adalah reptil yang tak berkaki dan bertubuh panjang. Akan tetapi, apabila dijumpai kasus-kasus kadal tak berkaki (misalnya Ophisaurus spp.) karakter ini menjadi kabur dan tidak dapat dijadikan pegangan. Oleh sebab itu, para ilmuwan berusaha meneliti terkait dengan asal usul ular, cara berjalan yang khas, habitat awal, terjadinya evolusi serta bentuk pertahanan dirinya untuk menjaga kelangsungan hidup